Negara-Negara Yang Melakukan Transisi Energi

Negara-negara di seluruh dunia sedang melakukan transisi energi untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi emisi karbon, dan mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil. Transisi energi dapat dilakukan dengan meningkatkan penggunaan sumber energi terbarukan, seperti tenaga surya dan angin, serta mengurangi konsumsi energi melalui efisiensi energi.

1. Denmark

Salah satu negara yang telah melakukan transisi energi dengan sukses adalah Denmark. Negara ini telah meningkatkan penggunaan tenaga surya dan angin hingga 30 persen dari konsumsi energinya. Denmark juga telah mengurangi emisi karbonnya sebesar 40 persen dari level 1990.

2. Jerman

Jerman juga merupakan negara yang telah melakukan transisi energi dengan sukses. Negara ini telah meningkatkan penggunaan tenaga surya dan angin hingga 45 persen dari konsumsi energinya. Jerman juga telah mengurangi emisi karbonnya sebesar 38 persen dari level 1990.

3. China

Negara lain yang telah melakukan transisi energi dengan baik adalah China. Negara ini telah meningkatkan penggunaan tenaga surya dan angin hingga 20 persen dari konsumsi energinya. China juga telah mengurangi emisi karbonnya sebesar 18 persen dari level 2005.

4. Spanyol, Italia, Belanda, dan Swedia

Selain Denmark, Jerman, dan China, negara-negara lain yang juga melakukan transisi energi dengan baik antara lain adalah Spanyol, Italia, Belanda, dan Swedia. Negara-negara ini telah meningkatkan penggunaan tenaga surya dan angin hingga 25 persen dari konsumsi energinya. Mereka juga telah mengurangi emisi karbonnya sebesar 30 persen dari level 1990.

5. India dan Brazil

Di sisi lain, negara-negara seperti India dan Brasil juga sedang melakukan transisi energi, tetapi belum sepenuhnya berhasil. Negara-negara ini masih sangat bergantung pada sumber energi fosil dan belum meningkatkan penggunaan tenaga surya dan angin secara signifikan.

Baca juga :  Kebijakan Pemerintah Terkait Panel Surya PLTS Atap

Secara keseluruhan, negara-negara di seluruh dunia sedang melakukan transisi energi untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi emisi karbon, dan mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil. Namun, masih ada banyak negara yang harus berusaha lebih keras untuk mencapai tujuan transisi energi ini.

×