Perawatan Rutin Untuk Memastikan Kinerja Pemanas Air Tetap Optimal

Pemanas air adalah salah satu perangkat yang sangat penting dalam sebuah rumah. Namun, seperti halnya perangkat lainnya, pemanas air juga memerlukan perawatan rutin agar tetap berfungsi secara optimal. Perawatan rutin atau service solahart yang dilakukan secara teratur dapat memperpanjang masa pakai pemanas air dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa tips perawatan rutin untuk memastikan kinerja pemanas air tetap optimal.

1. Bersihkan Tanki Secara Teratur

Tanki adalah bagian pemanas air yang paling sering terkena kerak, mineral, dan kotoran. Jika tidak dibersihkan secara teratur, lapisan kotoran dan mineral tersebut dapat menghambat aliran air dan bahkan memperpendek umur pemanas air. Untuk membersihkan tanki, matikan pemanas air dan kosongkan air di dalamnya. Setelah itu, gunakan larutan air dan cuka untuk membersihkan bagian dalam tanki. Bilas hingga bersih dan isi kembali dengan air bersih.

2. Periksa Elemen Pemanas

Elemen pemanas adalah komponen penting dalam pemanas air yang bertanggung jawab untuk memanaskan air. Elemen pemanas biasanya terbuat dari bahan logam dan dapat aus atau rusak seiring waktu. Periksa elemen pemanas secara teratur untuk memastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan seperti karat atau aus. Jika elemen pemanas rusak, sebaiknya segera diganti untuk memastikan pemanas air tetap berfungsi dengan baik.

3. Periksa Katup Pelepas Tekanan

Katup pelepas tekanan adalah bagian pemanas air yang dirancang untuk mengurangi tekanan dalam tanki pemanas air. Jika tekanan dalam tanki terlalu tinggi, katup pelepas tekanan akan membuka dan melepaskan sebagian air untuk mengurangi tekanan. Periksa katup pelepas tekanan secara teratur untuk memastikan tidak ada kotoran atau kerak yang menempel pada katup. Jika katup pelepas tekanan tidak berfungsi dengan baik, segera ganti untuk menghindari kebocoran air atau bahkan kerusakan yang lebih serius.

Baca juga :  Masalah Umum Pada Pemanas Air Tenaga Surya dan Cara Memperbaikinya

4. Periksa Suhu Air

Suhu air yang terlalu panas dapat membahayakan keselamatan pengguna, sedangkan suhu air yang terlalu dingin dapat mengganggu kenyamanan pengguna. Periksa suhu air secara teratur dan pastikan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya suhu air yang disarankan untuk rumah tangga adalah antara 50-60 derajat Celsius.

5. Panggil Teknisi Jika Diperlukan

Jika ada masalah dengan pemanas air yang tidak dapat diatasi dengan perawatan rutin, sebaiknya segera panggil teknisi yang berpengalaman. Teknisi akan melakukan perbaikan dan perawatan yang lebih mendalam untuk memastikan kinerja pemanas air tetap optimal.

Dalam kesimpulan, pemanas air adalah salah satu perangkat yang sangat penting dalam sebuah rumah. Service solahart berkala adalah kunci untuk memastikan kinerja pemanas air tetap optimal dan memperpanjang masa pakai pemanas air. Beberapa perawatan rutin seperti membersihkan tanki secara teratur, memeriksa elemen pemanas, memeriksa katup pelepas tekanan, memeriksa suhu air, dan memanggil teknisi jika diperlukan dapat membantu mencegah kerusakan yang tidak diinginkan dan memastikan pemanas air bekerja dengan baik. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperpanjang umur pemanas air seperti memasang filter air, mempertahankan tekanan air yang stabil, dan mempertahankan kelembapan udara yang optimal di sekitar pemanas air.

Dengan melakukan perawatan rutin dan memperhatikan beberapa hal penting untuk memperpanjang umur pemanas air, kita dapat menghemat biaya perbaikan dan memastikan kenyamanan dan keselamatan pengguna. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan perawatan rutin pemanas air dan memeriksa kondisinya secara teratur untuk memastikan kinerja pemanas air tetap optimal.

×