Masalah Umum Pada Pemanas Air Tenaga Surya dan Cara Memperbaikinya

Solar water heater atau Pemanas air tenaga surya adalah cara untuk menghemat biaya dan ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan air panas di rumah kamu. Namun, seperti alat apa pun, pemanas air tenaga surya dapat memiliki masalah dari waktu ke waktu. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa masalah umum dengan pemanas air tenaga surya dan memberikan tips cara memperbaikinya.

Kurangnya Air Panas Yang Tersedia

Salah satu masalah paling umum dengan pemanas air tenaga surya adalah kurangnya air panas yang tersedia. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk aliran air yang rendah, filter yang tersumbat, atau elemen pemanas yang rusak. Untuk memperbaiki masalah ini, pertama-tama periksa aliran air ke pemanas air tenaga surya. Pastikan katup pasokan air terbuka penuh dan tidak ada halangan di pipa. Selanjutnya, periksa filter dan bersihkan atau ganti sesuai kebutuhan. Terakhir, jika masalah berlanjut, mungkin perlu untuk mengganti elemen pemanas di pemanas air surya.

Kebocoran Pada Pemanas Air Tenaga Surya

Masalah umum lainnya dengan pemanas air tenaga surya adalah kebocoran. Seiring waktu, pipa dan alat kelengkapan dalam sistem pemanas air tenaga surya dapat menjadi longgar atau rusak, yang dapat menyebabkan kebocoran. Untuk memperbaiki masalah ini, pertama-tama cari sumber kebocoran dan matikan pasokan air ke pemanas air tenaga surya. Kemudian, perbaiki atau ganti pipa atau fitting yang rusak sesuai kebutuhan. Pastikan untuk menggunakan produk berkualitas tinggi dan orisinil untuk memastikan perbaikan yang aman dan tahan lama.

Katup Pelepas Suhu Tersumbat

Selain kebocoran dan kekurangan air panas, pemanas air tenaga surya juga dapat memiliki masalah dengan katup pelepas suhu dan tekanan. Katup pelepas suhu dan tekanan adalah fitur keselamatan yang dirancang untuk melepaskan tekanan berlebih dan mencegah tangki penyimpanan meledak. Namun, katup dapat tersumbat atau rusak seiring waktu, yang dapat mencegahnya berfungsi dengan baik. Untuk memperbaiki masalah ini, pertama-tama uji katup dengan mengangkat tuas pada katup untuk memungkinkan air keluar. Jika aliran air lemah atau tidak ada, katup mungkin tersumbat atau rusak dan harus diganti.

Baca juga :  Biaya dan Investasi Panel Surya di Indonesia

Service Rutin Pemanas Air Tenaga Surya

Terakhir, penting untuk secara teratur membersihkan dan memelihara pemanas air tenaga surya kamu untuk mencegah terjadinya masalah. Ini termasuk membersihkan kolektor surya untuk menghilangkan debu, daun, atau puing-puing lain yang mungkin menumpuk di permukaan. Ini juga merupakan ide yang baik untuk memeriksa kebocoran sistem dan segera memperbaiki kebocoran. Dengan melakukan service perawatan rutin water heater, kamu dapat membantu memastikan bahwa pemanas air tenaga surya kamu terus beroperasi secara efisien dan efektif.

Kesimpulannya, pemanas air tenaga surya dapat memiliki berbagai masalah dari waktu ke waktu, termasuk kurangnya air panas, kebocoran, dan masalah dengan katup pelepas suhu dan tekanan. Untuk memperbaiki masalah ini, penting untuk memeriksa aliran air, membersihkan filter, dan mengganti bagian yang rusak sesuai kebutuhan. Service perawatan rutin water heater juga penting untuk mencegah terjadinya masalah sejak awal. Dengan mengatasi masalah umum ini dan memelihara pemanas air tenaga surya, kamu dapat terus menikmati manfaatnya selama bertahun-tahun yang akan datang.

×