Apasih Bedanya Energi Baru dan Energi Terbarukan?

Energi baru dan energi terbarukan adalah dua kategori yang berbeda dari sumber energi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi manusia. Energi baru adalah sumber energi yang belum digunakan sebelumnya, sementara energi terbarukan adalah sumber energi yang diperbarui secara kontinu.

Energi Baru dan Energi Terbarukan

Energi baru meliputi sumber energi seperti batu bara, minyak, dan gas alam. Ini adalah sumber energi fosil yang digali dari bumi dan digunakan untuk menghasilkan listrik dan bahan bakar. Namun, energi baru juga dapat dihasilkan dari bahan yang tidak terbarukan, seperti uraan untuk energi nuklir.

Sementara itu, energi terbarukan adalah sumber energi yang diperbarui secara kontinu. Ini termasuk sumber energi seperti matahari, angin, air, geotermal, dan biomasa. Energi ini dihasilkan dari sumber yang alami dan tidak akan habis, seperti matahari yang terus menyinari bumi dan angin yang terus berhembus.

Perbedaan Energi Baru dan Energi Terbarukan

Perbedaan utama antara kedua jenis energi ini adalah sumber daya yang digunakan. Energi baru mengandalkan sumber daya yang habis, sementara energi terbarukan mengandalkan sumber daya yang tidak habis. Selain itu, energi baru dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan, seperti pemanasan global dan polusi udara, sementara energi terbarukan dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Energi terbarukan juga lebih efisien daripada energi baru karena tidak memerlukan proses yang rumit untuk mengubah sumber energi menjadi energi yang dapat digunakan. Selain itu, energi terbarukan juga dapat digunakan di berbagai lokasi, seperti di pedesaan atau di daerah terpencil, yang mungkin tidak memiliki akses ke jaringan listrik tradisional.

Secara keseluruhan, energi terbarukan dianggap sebagai pilihan yang lebih baik daripada energi baru karena sumber daya yang digunakan tidak habis, lebih ramah lingkungan, dan lebih efisien. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua negara dapat mengandalkan energi terbarukan sebagai sumber utama, karena keterbatasan sumber daya yang tersedia di wilayah tersebut. Namun, negara-negara dapat mengambil keuntungan dari kombinasi energi baru dan terbarukan untuk memenuhi kebutuhan energi mereka.

Baca juga :  Keuntungan  Menggunakan Panel Surya Di Indonesia

Salah satu cara untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan adalah dengan mengembangkan teknologi yang lebih efisien dan efektif. Misalnya, pengembangan panel surya yang lebih efisien dan pengeboran geotermal yang lebih baik dapat membantu meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan dari sumber tersebut.

×