Hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Water Heater

Jika kamu ingin mandi dengan air hangat atau panas tanpa harus susah payah merebusnya di atas kompor, maka menggunakan water heater adalah pilihan yang tepat. Water heater saat ini merupakan perangkat elektronik yang semakin banyak dibutuhkan oleh penghuni rumah untuk mengalirkan air panas langsung ke kamar mandi. Ketika kamu berencana membeli pemanas air baik itu pemanas air tenaga matahari atau pemanas air listrik dan memasangnya di rumahmu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah beli.

1. Sumber Bahan Bakar Water Heater

Sumber energi atau bahan bakar yang paling umum untuk water heater rumah adalah tenaga surya, gas, dan listrik. Water heater yang menggunakan tenaga surya cenderung lebih mahal.

Namun, seiring waktu, pemanas air tenaga surya dapat mengimbangi biaya kepemilikan awal dengan biaya pengoperasian yang lebih rendah. Pada saat yang sama, pemanas air listrik cenderung memiliki biaya awal yang lebih rendah tetapi cenderung memiliki biaya pengoperasian yang lebih tinggi. Saat membeli water heater, hal terpenting adalah mengetahui sumber mana yang tepat untuk rumahmu sehingga kamu dapat membeli water heater yang tepat.

2. Efisiensi energi

Terlepas dari sumber bahan bakar yang kamu pilih, water heater bisa menjadi konsumen energi terbesar ketiga di rumahmu. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih sistem water heater yang paling hemat energi. Untungnya, semua water heater Solahart sangat hemat energi sesuai dengan standar energi yang ketat. Temukan faktor energi (EF) dari water heater. Peringkat ini mengukur seberapa efisien perangkat mengubah energi menjadi panas dan seberapa banyak panas yang hilang selama penyimpanan. Semakin tinggi koefisien energi, semakin efisien water heater tersebut.

Baca juga :  Bantu Cegah Pemanasan Global dengan Solahart Water Heater

3. Jenis penyimpanan

Tangki air panas masih menjadi pilihan paling populer. Pemanas penyimpanan tangki bekerja dengan memanaskan dan menyimpan air panas secara terus-menerus, lalu mengalirkannya dari bagian atas tangki saat saluran keluar air panas dihidupkan.

Untuk menggantikan air panas yang keluar, air dingin masuk ke dasar tangki, memastikan tangki selalu penuh. Karena air di dalam tangki terus-menerus dipanaskan, energi dapat terbuang sia-sia meskipun keran tidak berfungsi. Model penyimpanan hemat energi yang lebih baru, mengurangi kehilangan panas dan pemborosan energi. Dengan pemanas air tenaga surya, kamu dapat menghilangkan limbah panas dan mengurangi konsumsi energi hingga 20-30 persen. Dengan opsi ini, air dingin mengalir melalui pipa ke pemanas air dan dipanaskan sesuai kebutuhan. Dengan sistem ini kamu tidak akan pernah kekurangan air panas.

Solahart Solar Water Heater 182 Super L Series

4. Kapasitas penyimpanan

Sebagian besar water heater dinilai berdasarkan jumlah galon yang dimilikinya. Pemanas air tenaga surya Solahart memiliki kapasitas 180 liter dan 300 liter yang memenuhi kebutuhan air panas keluarga di rumah. Selain itu, ada juga Handal Water Heater yang memiliki kapasitas 150 liter, 180 liter, dan 300 liter.

5. Ruang yang diperlukan

Faktor lain yang perlu diperhatikan saat membeli water heater adalah ruang yang tersedia. Jika water heater ukuran standar tidak dapat ditampung di area rumah kamu, ada opsi alternatif. Lowboy atau short water heater, seperti Handal Water Heater Green Series, lebih pendek dan lebih lebar dari pemanas air standar, memungkinkannya menampung jumlah air yang sama namun tetap cocok untuk area dengan ruang terbatas.

6. Perhatikan harga dan biaya perawatan water heater

Harga adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan saat melakukan pembelian. Setelah mengetahui harganya, kamu bisa menyesuaikan produk yang kamu beli dengan budget yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga harus menyiasatinya dengan mengetahui biaya perawatan water heater setelah digunakan, atau kamu bisa menghubungi kami di sini untuk service Solahart atau Handal Water Heater kamu.

Baca juga :  Perawatan Rutin Untuk Memastikan Kinerja Pemanas Air Tetap Optimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×